Minggu, 24 April 2011

Long Weekend Penuh Cintaaa... lalalala


Aihh,,, long weekend penuh cintaaa...
Eitss,, jangan salah paham dulu yaa.. Cinta yang aku maksud itu bukan cinta semacam "bertemu soulmate" atau sejenisnya (padahal aku berharap itu juga termasuk siii.... hihihihi). Tapi cinta yang berasal dari keluarga a.k.a cinta dari Papa, Mama, Adi sama Ari yang diwujudkan dengan kegiatan malam mingguan bareng-bareng... hehehe

Jarang-jarang loh malem mingguan sama keluarga. Biasanya adek-adekku pada punya acara masing-masing. Aku sendiri??yaahhh... sama seperti malem minggu sebelumnya,,, ngedate sama si acerita buat ngerjain "tesis yang belum kelar" alias ndekem di kamar...

Jadi ceritanya, dari pagi kita sekeluarga dah sibuk "korvey" alias bersih-bersih rumah, walaupun ada insiden bangun kesiangan (Aku, Adi, Ari), tapi tetep aja korvey dilaksanakan. Cuaca pun mendukung... cerah sumringah.... hehehe
Sayangnya, cuaca di sabtu malem gak bersahabat. Hujan rintik-rintik mulai turun dari sore,, mungkin sebagai compliment karena siangnya dah panas terik (jemur baju, sejam kering loohhh). Jadi males deh keluar rumah. Padahal awalnya si Papa punya rencana ngajak kita ke Taman Mini buat nonton pagelaran seni di anjungan Jogja. Undangannya dah ada pula di rumah. Sayang kalo gak dipake kan....

Akhirnya, setelah diskusi (berhubung di rumahku rata-rata bergolongan darah O,, proses diskusinya pun memakan waktu cukup lama _soalnya golongan darah O dikenal banyak pertimbangan_ *nama kerennya sih plin plan... hahahaha) kita pun jadi berangkat ke Taman Mini. Yah,, hitung-hitung ikut ambil bagian dalam melestarikan kebudayaan negeri sendiri... *versi anak bangsa. 
Versi sebenarnya:
Papa: "Ikut ke Taman Mini nonton Ketoprak gak mbak?" 
*sebagai informasi singkat: ketoprak disini adalah sejenis pentas drama,, bukan nama makanan yang terdiri dari ketupat, bihun, tahu goreng yang disiram bumbu kacang yaaa. Untuk info lebih jelas mengenai ketoprak ini bisa dicek disini atau kalau mau penjelasan panjangnya, bisa mampir kesini. cekidot lah Gan...
Aku  : "Ceritanya tentang apa?"

Papa: " Damarwulan Wisuda. Yang maen ibu-ibu semua loh mbak, bla bla bla", Papaku semangat banget cerita tentang Ketoprak yang mau pentas ini.

Aku  : "Ah,, tapi pake Jawa alus kan?Aku kan ngertinya Jawa kasar"

Papa: "ya sekalian belajar dong, masa orang Jawa nggak ngerti bahasa Jawa"

Aku  : " Oohh...iya juga ya", jawab dengan muka datar tanpa ekspresi. Keliatan kalo gak berminat untuk nonton.

Papa: "Kalo bawa undangannya, dapet souvenir loh mbak", kayaknya Papaku gak kehabisan ide nih... Dia tauu aja kelemahan aku _si tukang koleksi souvenir_ *pasti ini awalnya karena aku dulu pernah semangat dateng ke pameran cuman karena di pameran itu ngasih souvenir gratis...

Aku: "Oke... Aku ikut Pa!!!" denger kata souvenir, langsung sumringah...hahaha
Singkat cerita, aku sekeluarga akhirnya jadi juga berangkat ke Taman Mini. Sampai anjungan Jogja, dah banyak orang yang dateng. Dengan semangat 45, aku bawa dua undangan.. Eh,, pas sampe meja resepsionis,, ternyataaa.. tidak ada souvenirrr... huhuhuhu *korban iklan Papa...

Untungnya,, acara Ketopraknya lumayan seru. Kalo nggak, pasti sepanjang acara aku bakal ketiduran...hehehe. Bener nih kata Papa, yang maen ketoprak cewek semua. Aktingnya juga gak kaku. Secara umum, aku suka pentas seni ini.. *walaupun aku cuma ngerti sedikit bahasa jawa alus dan secara keseluruhan gak ngerti apa yang diomongin, tapi dari gerak-gerik dan logat bicara mereka, ditambah gambaran cerita yang dibagiin via selebaran sebelum acara mulai,, aku suka ketoprak yang dipentasin ini.
Malahan,, aku punya salah satu tokoh favorit di pentas itu, si ibu yang berperan jadi Minak Jinggo. Logatnya yang khas itu looohhh... bikin aku jatuh cinta... walaupun dia perannya antagonis *jarang-jarang aku suka sama orang yang perannya antagonis...

Walaupun gak dapet souvenir,, aku gak nyesel kok nonton acara ketoprak atau pentas seni lainnya. Malah aku nambah pengetahuan tentang cerita era Babad Tanah Jawa... Dan dengan ngelihat para aktor/aktris ketoprak meniru tingkah laku peran yang dimainkan,, aku ngerasa "mengenal" sosok yang mereka mainkan. Terutama, si Minak Jinggo itu... Kalo kata Mamaku: "Minak Jinggo itu jahat tapi bodoh, orang sakti yang meninggalnya karena senjatanya sendiri"

*Abis nonton ketoprak itu, banyak hal yang terlintas di pikiranku, kayak misalnya aku pengen banget belajar maen gamelan... atau aku langsung pengen googling tentang Minak Jinggo.. si tokoh antagonis yang logatnya "lucu" itu...

0 comments:

Posting Komentar

Playlist