Jumat, 22 April 2011

Cooking Time: Ayam Kecap...


Awalnya aku bingung manfaatin long weekend ini (22-24 April 2011). Ke pulau seribu??_Udah pernah_.... Berenang??_lagi "halangan"_... ke toko buku?_masih banyak buku yang belum dibaca_... Yahhh,,, daripada bingung,, mending nerusin pelajaran masak yang sering ketunda dehh...

Kali ini,, aku mau coba bikin ayam kecap versiku sendiri.. Kenapa ayam kecap?? ya karena aku sukaaa banget makan ayam kecap...hehehe

Bahan Utama:
Ayam
Tahu

Bumbu:
Bawang Putih
Lada
Kemiri
Kecap
Garam
Saus tiram (ini sih karena aku suka banget pake saus tiram di semua masakan yang aku buat..hihihihi)

Proses pembuatan:
  1. Cuci ayamnya, terus ditiriskan dan dikasih perasan jeruk nipis. diamkan selama 10 menit
  2. sambil nunggu jeruk nipisnya meresap di ayam, aku bikin bumbunya: haluskan lada, bawang putih dan kemiri (bisa pake blender atau ulekan,, aku sih lebih suka pale ulekan soalnya bisa sekalian olahraga,,,dengan mengulek bisa membuat lengan kita kuat...hahahaha)
  3. ayam yang sudah diberi perasan jeruk nipis digoreng ke dalam minyak panas. Tunggu sampai matang (jangan sampe gosong yak....)
  4. setelah ayam matang, tiriskan. Kemudian goreng tahu yang sudah dipotong persegi panjang. Setelah matang, tiriskan.
  5. masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam minyak goreng panas (minyaknya cukup dua sendok makan)
  6. setelah bumbu matang, beri sedikit air, kemudian masukkan kecap dan saus tiramnya, aduk-aduk sebentar.
  7. masukkan tahu dan ayam goreng, aduk sampai bumbu tercampur rata.
  8. sajikan.

Result:

Walaupun tampilannya kurang meyakinkan,, rasanya cukup lahh buat seorang pemula kaya aku... hihihi
*selamat mencobaa..

0 comments:

Posting Komentar

Playlist