Kamis, 19 Agustus 2010

Pisang Bakar Keju


Hmmm.... baru ngebayanginnya aja udah bikin si cacing di perut main orkestra "gruduk-gruduk". Entah kenapa, hari ini aku teringat sama resep andalan buka puasa tahun ini.... Yepppp... hampir setiap buka puasa, menu satu itu selalu nangkring dengan manis di meja makan, bersanding sama seabgrek menu lainnya (banyaknya menu ini untuk mengantisipasi "kalap"nya orang2 rumah kala buka puasa). Karena mayoritas anggota keluarga di rumahku itu pria yang doyan makan semua (yang wanita cuma aku sama mama) dan punya selera yang beda soal makanan, jadilah setiap waktunya makan minimal mesti nyiapin 3 menu berbeda... Sedangkan aku??hmm... apapun kalo udah buatan mama aku lahap (si pemakan segala...hahaha)

Nah,,,kembali ke pisang bakar keju yang saat ini jadi primadona di rumahku... Awal mulanya cukup unik menurutku, ceritanya waktu itu mama sama adekku yang paling kecil lagi main ke rumah mbah kung, eh ternyata disana ngeliat mbah uti lagi masak pisang bakar keju buat riska-rakai (sepupu aku yang tinggal disana). Pas tuh makanan udah jadi, adekku sama sepupu-sepupuku itu langsung menyerbu dan makan dengan lahap *based on Mama's story

Pulang dari rumah Mbah Kung, langsung deh si mama beli bahan-bahan buat bikin pisang bakar keju (salah satu kelebihan mama dalam hal masak memasak adalah hanya dengan melihat proses memasak dan nyicipin hasil masakan, mama udah bisa langsung bikin masakan itu sama persis kayak aslinya *I Love You Mam* -hug and kiss-)

Besok sorenya pas aku abis pulang kerja, mama langsung ngajak aku bikin pisang bakar keju (saat itu yang terlintas di pikiranku: tumbeeennnn si mama ngusulin bikin makanan "berbau" keju..biasanya tuh aku yang suka inisiatif,,,si mama lebih suka bikin masakan tradisional soalnya). Berhubung pulang kerja aku kelaperan (kayaknya setiap saat aku kelaperan dehh..hehe) dan salah satu side-job aku kalo di rumah adalah sebagai asisten chef (hehehe... chef wannabe minded), langsung deh aku nyiapin semua bahan yang diperluin dan mulai merhatiin cara masaknya si mama. Hmmm... ternyata simpelllll... (bener deh simpel,,,nggak neko2 pokoknya).

Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperluin buat bikin pisang bakar keju ala keluargaku (ukurannya pake prinsip "kira2" dan "suka2" yaaa) :
  • Pisang kepok matang (jumlahnya sesuai selera, tapi kalo aku butuh 5-6 buah pisang kepok). Saran pilih pisang yang benar-benar matang, soalnya kalo setengah matang biasanya rasanya sepet dan teksturnya keras jadi kurang nikmat makannya... ^^
  • Margarin (secukupnya). Kalau dibakar di panggangan, beri sediikiiiit aja margarin di pisang supaya ada efek "gosong"nya... hehehe. Kalau aku biasanya dipanggang pake teflon karena lebih simpel (simpel disini adalah kata lain dari malas...hehehe). kalau pakai teflon kan tinggal oles sedikit margarin di teflon... ^^
  • Meises Coklat/Warna-Warni (sesuai selera).
  • Keju Cheddar parut (sesuai selera). Saran: makin banyak kejunya makin enak rasanya...hehehe
  • Susu kental manis (sesuai selera bisa rasa vanilla atau cokelat).
Cara Membuat:
  • Kupas pisang terus belah menjadi dua bagian.
  • Nyalakan kompor dengan api sedang (jangan terlalu kecil, nanti lama matengnya. Jangan terlalu besar juga, nanti pisangnya gosong tapi dalemnya belum mateng). Yang sedang-sedang saja lah pokoknya ^^
  • Panaskan sedikiiiiit aja margarin pada teflon, masukkan pisang yang telah dibelah menjadi dua bagian tadi, kemudian masak sambil dibolak-balik hingga pisang matang. Angkat. Tiriskan.
  • Siapkan piring saji, kemudian letakkan pisang yang masih hangat itu di piring saji.
  • Taburi pisang dengan dengan keju parut dan meises cokelat.
  • Sesaat sebelum di sajikan, siram dengan susu kental manis.
  • Hidangkan hangat.

Simpel kaaannnn???? Kalau masak makanan kayak gini, tingkat keberhasilannya cukup tinggi lho.. Sudah terbukti waktu aku coba-coba bikin sendiri tanpa bantuan mama dan berhasil dengan sukses... (Sukses membuat pisang bakar keju dan sukses ngabisin keju yang ada di kulkas... akhirnya.... sukses bikin berat badan naik...wkwkwk)


-siap2 beli pisang sama keju buat dimasak sore ini-

0 comments:

Posting Komentar

Playlist