Kamis, 13 Januari 2011

Stay Healthy


Kemarin hasil pemeriksaan kesehatanku udah keluar dan begitu aku buka mapnya, di halaman pertama langsung kulihat kesimpulan dari dokter2 yang meriksa. Wedew,,,seperti yang sudah kuduga,,,
hasilnya overweight  
hmm... gini nih akibat jarang olahraga. Alhamdulillah, hasil pemeriksaan lainnya kayak gula darah, kolesterol, de el el masih normal. Yang perlu dikawatirkan selain overweight ini adalah ureum yang rendah (dibawah normal) yang mengindikasikan kalo aku kurang minum air putih...huhuhuhu


Untuk itu, salah satu resolusiku di tahun 2011 ini adalah stay health. Dimulai dari pola makan teratur, makan makanan yang sehat, dan olahraga rutin. Jadi, sepanjang tahun ini aku mesti lebih berusaha untuk balikin berat badanku kembali ke normal lagi (biasanya di kisaran 56-57 kg). 


Selama seminggu ini aku udah mulai disiplin nerapin pola hidup sehat (menurutku dari hasil baca2 buku dan browsing internet), yaitu:
  1. bangun pagi abis solat shubuh langsung sit-up n push-up 10x lanjut maen skipping 15 menit;
  2. Sarapannya makan buah-buahan kayak pir dan apel;
  3. bawa cemilan buah-buahan ke kantor (untuk mengantisipasi rasa laper di jam-jam kritisku sekitar jam 9-11 pagi);
  4. makan siang kaya biasa cuman porsinya dikurangin (aku cenderung ngurangin asupan karbohidrat kayak nasi);
  5. makan malemnya pake buah-buahan lagi (jadi selalu siapin banyak variasi buah supaya gak bosen);
  6. untuk olahraga hari sabtu-minggu intensitasnya agak banyak, jadi sabtu dipake buat renang n ngajar taekwondo, terus minggu buat lari n senam.
Berdasarkan hasil seminggu ini, aku dah mulai ngerasain manfaatnya nih. Beratku berkurang satu kilo. Yah, gak apa apa deh berkurang sedikit demi sedikit, daripada nambah berat... 
 

0 comments:

Posting Komentar

Playlist