Senin, 02 Januari 2012

Berhati-hatilah di Angkot...


aku mau share pengalaman yang kurang menyenangkan di penghujung tahun 2011 kemarin..

Jadi ceritanya aku naik angkot 112 jurusan Depok - Kp. Rambutan. Waktu aku naik, ternyata cuman tersisa satu bangku kosong di pojok belakang. Pas aku duduk, firasatku gak enak (kayak ada yang nyuruh aku buat merhatiin keadaan dan orang-orang di sekelilingku *padahal mah biasanya kalo udah duduk langsung merem*). Di dalem angkot, ada delapan cewek (termasuk aku) dan tiga cowok (gak termasuk supir yaa).

Ternyata ada dua orang cowok yang mencurigakan. Cowok pertama duduk di depanku yang mulutnya ngeluarin busa dan duduknya bersandar ke orang di sebelahnya, penampilannya kusut dan weird banget *kemeja kotak-kotak+celana bahan selutut+sendal jepit*. Matanya dibuat kriyep-kriyep dan saat aku lihat matanya, dia pura-pura merem. Cowok kedua duduk di "bangku tambahan" dekat pintu masuk, di tangan kirinya ada bekas tato yang dihapus, bawa tas backpack hitam yang flat (maksudnya tuh tas gak menggelembung), pakaiannya rapi *kemeja putih garis-garis+celana bahan+sepatu pantofel*. 



Awalnya, aku gak terlalu memperhatikan cowok ketiga yang kelihatannya sibuk mainin handphone. Penampilan si cowok ketiga ini rapi *kemeja cokelat garis-garis+celana hitam+sepatu pantofel*, mukanya bersih, dan pake kacamata. Gayanya kayak orang habis pulang kerja. Sepanjang perjalanan, dia kelihatannya risih banget sama si cowok pertama yang sibuk ngeluarin busa. Tipe orang yang gak perlu diwaspadai karena sejauh pengamatanku, tindakannya terlihat "normal". Aku pun bersimpati sama si cowok ketiga, karena aku juga paling gak suka kalo ada orang yang "nyender" ke aku.

Kecurigaanku mulai jelas waktu si cowok kedua yang duduk di bangku tambahan ngeluarin jam dan make di tangan kanannya (entah itu firasat atau apa, abis aku merhatiin si cowok kedua itu aku refleks merhatiin si cowok pertama dan cowok ketiga). Si cowok pertama duduknya makin menjadi dan bikin si cowok ketiga duduknya mulai maju ke depan). Nah disini aku mulai curiga juga sama si cowok ketiga dan bikin kesimpulan awal kalo tiga cowok ini berkomplot.

Waktu aku tau kalo mereka bertiga itu penjahat, aku udah memutuskan buat turun dari angkot, soalnya aku khawatir kalo mereka itu rampok. Pas aku udah mau turun, eh aku gak sengaja lihat kalo si cowok kedua udah mulai aksinya ke ibu yang duduk persis di sebelahku. Refleks, aku menepis tangan si cowok ketiga yang mulai beraksi di bawah tasnya (cowok ketiga juga bawa tas backpack hitam *yang kalo diperhatiin juga flat alias gak ada isinya*). 

aku bilang: "eh ngapain?"  _sambil nepis tangan cowok ketiga_
                 "bu hati-hati ya" _bilang ke ibu di sebelahku_
ternyata, si cowok ketiga berubah jadi sangar pas aku nepis tangannya dan menatap aku marah sambil emosi
cowok ketiga : "eh, maksud mbak apa?!" _nada emosi_
aku                : "gak, gak apa-apa.. cuman bilang hati-hati aja sama si ibu" _jawabku datar_
cowok ketiga : "mbak nuduh saya COPET?!!!! jangan sembarangan nuduh mbak!!" _emosi tingkat tinggi_
aku                : "loh saya gak bilang apa-apa kok, justru mas sendiri kan yang bilang copet" _jawab dengan muka datar_
tiba-tiba.. Plakkk... Tanganku ditabok keras banget sama si cowok ketiga. Kaget banget. Bisa-bisanya nih cowok main fisik sama cewek. Refleks, sebagai balesan tabokannya dia, kutendang tulang kering kaki kirinya. Cowok ketiga emosi tingkat dewa. Aku pun mulai emosi karena ditabok.
cowok ketiga : "jangan sembarangan ya!!! saya bawa senjata!!" _tangannya ke samping kiri bikin gerakan kaya mau ambil senjata_
aku                : "saya gak takut.. saya polisi" _kataku masih dengan ekspresi makin datar_ *kalo kata adekku, ekspresiku itu ekspresi melecehkan orang.. hihihi (padahal di dalem hati, ngeri juga kalo dia beneran bawa senjata)
cowok ketiga : "jangan maen tuduh mentang-mentang polisi ya, bisa saya laporkan" _emosi makin menjadi dan siap ngajak berantem_
aku                : "silahkan" _masih dengan ekspresi datar tapi siap berantem_ "pak, ke kantor polisi pak, brimob udah deket kan, ke brimob aja pak" _kataku ke supir angkot_
Pas aku udah siap berantem (saat ini aku tau kalo dia cuman gertak doang waktu bilang "bawa senjata"), si cowok kedua melerai. Dia nyuruh si cowok ketiga turun dari angkot. Penumpang lainnya cuman bisa natap ngeri ke aku dan cowok ketiga. Gak lama, cowok ketiga pun nurutin kata-kata si cowok kedua dan turun dari angkot. Masih melototin aku.
aku                : "saya ingat ya wajah Anda" _kataku sambil nunjuk-nunjuk ke wajahnya si cowok ketiga). "saya pastikan kalau besok sketsa wajah Anda ada di kepolisian" _dengan nada suara yang meyakinkan_
Angkot baru jalan beberapa meter, si cowok kedua ngajak ngomong cowok pertama (selama aku berantem sama cowok ketiga, aku gak merhatiin ekspresi kedua cowok lainnya).
cowok kedua : "mas itu yang sakit turun dimana?" _tanyanya ke cowok pertama_
cowok pertama : "disitu" _tangannya megang perut dan mukanya masih sok dilemes-lemesin_
Abis jawab gitu, cowok pertama turun dari angkot. Beberapa meter kemudian, cowok kedua ikut turun.

Huhhh... pas mereka udah turun semua, baru deh lututku lemes banget. Padahal sebelumnya aku berani banget ngadepin mereka. Entah darimana tuh keberanian muncul.

Nah, buat orang-orang yang masih mengandalkan transportasi umum seperti aku, semoga pengalamanku ini bisa jadi bahan pembelajaran yak untuk lebih berhati-hati lagi di angkot.

Tips berhati-hati di angkot dariku:

  1. baca doa sebelum naik kendaraan (ini wajib hukumnya).
  2. pastikan tas dalam keadaan terkunci rapat dan sebaiknya tidak memainkan ponsel di angkot.
  3. sebaiknya duduk di samping supir, untuk meminimalisir kejadian kayak yang aku alamin.
  4. kalo terpaksa duduk di belakang, pastiin untuk melihat keadaan dan orang-orang di sekeliling kita.
  5. kalo ada orang yang mencurigakan, lebih baik turun dan berganti angkot. (gak apa-apa deh lebih mahal sedikit karena mengeluarkan ongkos lebih).
  6. pelaku di kejadian yang aku alamin ini berjumlah tiga orang. Satu orang sebagai pengalih perhatian (si cowok pertama yang pura-pura sakit), satu orang sebagai eksekutor (si cowok ketiga yang nabok tanganku), dan satu orang sebagai pengawas situasi/penghilang jejak (si cowok kedua yang duduk di bangku tambahan).
  7. kalo lihat orang yang mencurigakan (biasanya feeling kita kuat kok kalo ada yang gak beres), difoto aja. *kalo aku gak sempet foto karena hp-ku mati dan aku ga bawa kamera*
  8. jangan takut melawan balik kalau kita diancam.
  9. prinsipku, kalau ada orang asing yang melakukan kontak fisik (ditepuk/dipukul/ditabok/dsb) langsung refleks tendang bagian selangkangan (untuk oknum cowok) dan tendang tulang kering sekeras mungkin (oknum cewek/cowok) atau kalau kita pake high heels boleh deh tuh kaki diinjek sekuat mungkin (dengan asumsi mereka gak pake sepatu boot yaa).
Soo.. dimanapun dan kapanpun, selalu waspada yaa.. 

Have a nice new year everyone...

2 comments:

Unknown mengatakan...

weitsss....jiwa taekwondo in nya kluar

salam kangen sabeum me lita ^_^

Unknown mengatakan...

Haloooo sabeum Inne ^^
Terima kasih yaa sudah berkunjung ke blog aku.. salam kangen jugaaa :*

Trus, kapan baby Kafy diajarin taekwondo juga? Hehehe

Posting Komentar

Playlist